Selasa, 07 Mei 2013

Sambutan Ketua Yayasan pada Acara Wisuda XI Politeknik NSC



SAMBUTAN KETUA YAYASAN PENDIDIKAN FAJAR ENESCE
PADA ACARA WISUDA KE XI POLITEKNIK NSC SURABAYA
PADA TANGGL 29 OKTOBER 2011


Bissmillahir Rahmaanir Rahiim
Yang saya hormati Walikota Surabaya
Yang saya hormati Koordinator Kopertis Wil VII
Yang saya hormati para Mitra Kerja Poltek NSC
Yang saya hormati para Orang Tua Wisudawan
Yang saya hormati para sivitas akademika Poltek NSC
Mahasiswa dan wisudawan yang saya banggakan

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Mengawali sambutan ini, saya mengajak seluruh hadirin bersama-sama mamanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah S.W.T. karena hanya atas limpahan rahmat, taufik, dan hidayatNYA, sehingga pada hari ini kita sempat menghadiri sebuah acara yang amat penting bagi perjalanan akademik Politeknik NSC Surabaya, terutama bagi para wisudawan beserta keluarga, yaitu acara Wisuda Program Ahli Madya ke 11 (sebelas).

Hadirin, undangan, dan wisudawan yang berbahagia

Wisuda bagi setiap perguruan tinggi merupakan seremoni yang menandai berakhirnya sebuah proses pendidikan, sekaligus merupakan indikator berlangsungnya aktivitas akademik dengan baik. Dengan demikian, sesungguhnya wisuda merupakan sebuah bentuk pertanggungjawaban penyelenggara kepada masyarakat dan pemerintah. Sementara bagi para wisudawan sendiri, meskipun wisuda menjadi tanda berakhirnya proses belajar secara akademik, namun pada hakekatnya justru menjadi awal untuk memasuki kehidupan nyata yang penuh tantangan dan romantika yang memerlukan upaya untuk terus mengembangkan diri melalui proses belajar diluar konteks akademik. Untuk itulah, pada kesempatan yang baik ini, saya selaku ketua yayasan menyampaikan Selamat, sekaligus ingin mengingatkan bahwa janganlah pernah berhenti untuk terus mengembangkan diri di dunia nyata.

Hadirin, Undangan, dan wisudawan yang saya hormati

Sejak berdiri pada tahun 1997 Politeknik NSC telah melaksanakan wisuda sebanyak 11 (sebelas) kali dan telah menamatkan 669 alumni Ahli Madya. Hampir semua lulusan tersebut telah terserap di dunia kerja, termasuk sebagian besar yang diwisuda hari ini. Kepercayaan yang besar dari dunia kerja selama ini senantiasa memotivasi kami untuk terus melakukan peningkatan mutu akademik, penyediaan sarana dan prasarana pendidikan, pengembangan SDM, dan penyempurnaan kurikulum.
Pada aspek pengelolaan akademik, kerja keras dan upaya pengembangan yang terus dilakukan oleh segenap pimpinan dan seluruh unsur sivitas akademika Poltek NSC selama dua tahun terakhir sudah menunjukkan hasil yang baik. Hal ini terbukti dengan terakreditasinya dua program studi oleh Badan Akreditasi Nasional, Perguruan Tinggi (BAN-PT), yakni : prodi D3 Perhotelan, prodi D3 Administrasi Niaga. Sementara dua program studi yang lain yakni prodi D3 Akuntansi, dan prodi D3 Teknik Komputer sementara dalam proses persiapan akreditasi. Insya Allah mudah-mudahan dalam waktu dekat semua program studi dapat diakreditasi oleh BAN-PT. Dengan demikian, maka secara legalitas dan kapasitas penyelenggaraan pendidikan tinggi, NSC sudah dapat diandalkan, dan setara dengan perguruan tinggi yang lain, termasuk perguruan tinggi negeri.

Hadirin yang kami hormati,
Sebagai pengurus yayasan yang menyelenggarakan Politeknik NSC, kami sangat menyadari bahwa mutu akademik hanya bisa dicapai apabila terus mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan. Untuk itu, kami berkomitmen penuh untuk terus mengupayakan pengembangan dan penyempurnaan fasilitas belajar agar mampu tercipta atmosfir akademik yang kondusif, sehingga pada gilirannya akan mampu mencetak alumni yang siap bekerja di bidang masing-masing. Selama dua tahun terakhir, yayasan senantiasa menyediakan anggaran yang memadai untuk peremajaan fasilitas dan ruang kuliah agar lebih nyaman.
Selain fasilitas, dukungan tenaga pengajar dengan kualifikasi yang memadai juga merupakan prasyarat bagi terselenggaranya proses transfer of knowledge, transfer of skills, and transfer of values. Dengan demikian, maka kami terus memberikan peluang kepada setiap dosen untuk meningkatkan kapasitas keilmuannya melalui pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Namun demikian, untuk menjaga kontinuitas proses belajar mengajar di kampus, maka tugas belajar dosen tetap harus memperhatikan skala prioritas.
Selain kedua aspek tersebut diatas, yang tak kalah penting adalah kesesuaian kurikulum dengan kebutuhan kualifikasi yang disyaratkan dunia kerja. Oleh karena itu, kami senantiasa meminta kepada pimpinan Politeknik NSC beserta jajarannya untuk senantiasa melakukan penyesuaian kurikulum secara periodik sesuai perkembangan pasar kerja. Pimpinan hendaknya terus melakukan komunikasi dengan seluruh stakeholders NSC, terutama dunia kerja untuk memahami kecendrungan perubahan kualifikasi kompetensi yang diperlukan. Hanya dengan begitu, maka kurikulum selalu adaptable dengan perubahan lingkungan.

Hadirin dan wisudawan yang berbahagia,
Pada bagian akhir sambutan ini, perkenankanlah kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada :
1.    Pemerintah kota Surabaya, khususnya dan Pemerintah provinsi Jawa Timur atas upayanya terus menciptakan stabilitas keamanan dan perekonomian, sehingga Poltek NSC beserta seluruh sivitas akademika dapat melaksanakan aktivitasnya dengan aman, damai, dan tentram.
2.    Koordinator Kopertis Wil. VII Jawa Timur beserta seluruh jajarannya atas segala bimbingan dan pembinaannya selama ini, sehingga Poltek NSC mampu melaksanakan tri dharma dengan baik sesuai ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku
3.  Dunia usaha yang telah menjadi mitra kerja NSC selama ini, baik sebagai lokasi PKL dan pemagangan, penempatan kerja, maupun sebagai sumber belajar yang efektif untuk kemajuan NSC
4.   Pimpinan dan segenap jajaran manajemen Politeknik NSC atas kerja keras dan kerja tekunnya sehingga aktivitas akademik dapat berlangsung sesuai harapan semua pihak
5.  Para dosen yang dengan penuh dedikasi dan pengabdian senantiasa meluangkan waktunya untuk mendidik dan membina para mahasiswa kami, sehingga dapat menyelesaikan pendidikan secara tepat waktu

Secara khusus, kami ingin mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh orang tua/wali wisudawan yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk mendidik dan membina putra-putrinya. Hari ini, meskipun tugas pembinaan kami secara akademik telah berakhir, namun pembinaan emosional sebagai almamater sesungguhnya tetap kami emban. Untuk itu, kepada para wisudawan, kami ingin menyampaikan SELAMAT atas selesainya studi di NSC. Kembalilah ke masyarakat dengan menunjukkan jati diri ahli madya yang mumpuni, dan terus jagalah citra Politeknik NSC selaku almamater anda.

Akhirnya, pada kesempatan yang baik ini pula kami ingin memohon maaf kepada semua pihak, terutama kepada para wisudawan beserta para orangtua/wali, jika sekiranya selama menempuh pendidikan di Poltek NSC ini, mengalami hal-hal yang kurang berkenan. Semua itu, pasti terjadi diluar kesengajaan kami.

Sekian

Billahi Taufiq Wal Hidayah
Assalamu alaikum wr.wb.

Ketua Yayasan,

H.Syamsu Nur 


2 komentar: